Tempat Kembali

 


Sebagai anak bungsu dari tujuh bersaudara dan memiliki dua kakak perempuan yang usianya terpaut jauh membuat saya terbebas dari urusan perdapuran. Semenjak kecil Mama tidak pernah mengajak saya berkenalan dengan isi dapur. Terkadang seperti anak kecil lainnya yang penasaran dan penuh rasa ingin tahu, saya sering mengekor Mama dan kedua kakak saya ke dapur tapi seringnya malah dihardik katanya kerja saya nanti hanya mengganggu. Padahal saya ingin tahu rahasia apa yang berada di dapur. Sejak itu pula rasa-rasanya saya tidak pernah tertarik lagi pada dapur.

Sampai akhirnya tiba dimana saya bertemu jodoh dan saya yang kemudian panik dan merasa bodoh. Bagaimana tidak, Ibu mertua saya seorang juru masak. Sementara saya masak mie saja hampir gosong. Belum apa-apa rasanya saya sudah gagal menjadi menantu. 

Di suatu kesempatan jauh sebelum menikah, Ibu mertua pernah menelpon. Kami berbincang banyak hal termasuk urusan dapur. Saat itu pula saya katakan bahwa tidak bisa memasak. Sambil tertawa Ibu mertua berkata, "tidak ada orang yang tidak bisa memasak, yang ada hanya orang yang malas memasak. Karena memasak itu keterampilan yang bisa dipelajari". Saya tertohok dan tersenyum canggung.

Sejak itu saya mulai rajin membaca resep masakan. Hanya membaca saja, memasaknya belum. Beruntung Mas Suami sealiran sama Pidi Baiq di bagian,

 "Mengapa istri harus bisa masak? Padahal itu rumah tangga bukan rumah makan."

Kalau ditanya sekarang apa sudah bisa masak? Hmm, lumayanlah kalau kata gombalannya Mas Suami,

"Kamu dan warteg sekarang kayaknya kembaran deh, sama-sama sederhana dan berkualitas"

Gombalan yang jadi penyemangat buat lebih rajin ke dapur, kalau sempat. Sampai saat ini saya masih berpedoman pada "kalau masih ada yang jual kenapa harus masak?", "klo bisa beli kenapa harus repot?". Ya, hitung-hitung menggerakan roda perekonomian masyarakat *alasan* 😂

Tapi untuk nasi goreng kesukaan anak-anak dan plecing kangkung kesukaan Mas Suami, demi apapun saya akan memasaknya sendiri meski tidak sempurna. Semoga rasa cinta dan kasih sayang di dalamnya, membuat saya menjadi tempat kembali paling dirindu.


#KamisMenulis

#FotoBermakna




Posting Komentar

41 Komentar

  1. Mantap. Kapan bisa menulis sebagus dirimu? Enak sekali.. Gurih n syedapp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiap orang punya gaya menulisnya sendiri, dirimu juga. 🤗

      Hapus
  2. Siapa yang tdk rindu masakan ibu dan istri. Pasti dong paling dirindu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga demikian ya, Pak D

      Karena ga mahir masak ada kekhawatiran sendiri takut nggak kena di lidah anak-anak dan suami😁

      Hapus
  3. Pengalaman'a sama😁😁 mengenal dapur sejak menikah... pertama kali masak telor ceplok keasinan🤭 beruntungnya suami tak pernah ribat... selagi bu h.susi dan RM Padang buka, bungkus aja🤣😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada temennya 😄

      Alhamdulillah, dapat suami yang santuy urusan masak ya Bun.

      Paling ribet hari pertama puasa dan lebaran ya karena ga ada yang jualan. Wkwkwk

      Hapus
  4. Masakan rumah memang selalu dirindu, walaupun di luaran sana banyak makanan yang tinggal dibeli. Itu kata anak2 Ambu lho..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Ambu

      Sesederhana apapun masakan Ibu pasti selalu di kangenin kan 😍

      Hapus
  5. Saya suka sekali membaca *alasan* nya
    hehehehe

    BalasHapus
  6. Hem, masak biasanya memang lekat dengan perempuan. Meskipun ada juga laki-laki yang hobi memasak. Alangkah indahnya kalau bisa memasak bersama suami, Bu. Kalau enak, ya, enak bersama, kalau gosong, ya, gosong bersama, haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan gosong dong, Pak. Wkwkwk

      Insyaallah ini semenjak pandemi karena ngeri beli-beli di luar akhirnya lebih rajin ke dapur. Meski kadang keasinan atau malah hambar. Bikin kue jadi bantet, biasyaaalah 😄

      Hapus
  7. Luar biasa perempuan memang selalu berusaha membuat suami dan anak senang dengan masakannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih berusaha, Bu
      Saya klo ikutan Master Chef di babak audisi aja udah gagal kayaknya. Hahaha

      Hapus
  8. Kena juga membaca tulisan ini. Memasak hanya menu wajib saja. Sederhana tapi mudah-mudahan dengan cinta. Jadi berkualitas hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin 🤲

      Saya biasanya gitu masak yang di favoritin aja seringnya 🤭😄

      Klo lagi pengen masak apa gitu, masaknya berdua suami jadi klo rasanya aneh ga saling salahin karena masaknya berdua 🤣

      Hapus
  9. Jadi senyum-senyum sendiri bacanya.
    Tapi masakan yang dimasak dengan cinta, nggak cuma bikin rasanya makin enak doang sih.
    Namun bisa ngehadirkan rasa rindu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu juga yang bikin kangen mudik dan ketemu orang tua, nggak sih?
      Kangen masakannya, hehehe

      Hapus
  10. tiada masakan yang mampu tandingi masakan di rumah ;-)

    BalasHapus
  11. Saya suka tulisnnya mbak, enak mengalir dan enteng. Saya kepoin terus ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, makasih Mas

      Tunggu saya kepoin balik ya, hahaha

      Hapus
  12. ngakak sekali aku baca quote pidi baiq haha. Tapi bener juga sih

    AKu juga meskipun cowo ingin bisa masak, karena banyak temen kos ku yang jago masak juga, padahal dia cowo. Ingin yang hanya ingin doang, sampai sekarang belum pernah terlaksana untuk belajar masak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Surayah klo bikin quote emang suka bener :))

      Suamiku juga jago masak, Mas...
      Makanya anak-anak saya kebetulan tiga laki semua diajari masak sejak dini juga, karena masak kan emang skill yang harus dimiliki karena nggak selamanya bakal tinggal serumah ortu terus, ga selamanya punya duit dan bisa go foodan terus, wkwkwk...

      Hapus
  13. So sweet banget Pak Su bisa support dan appreciate skill mamak mamak baru belajar masak hihihi

    Semoga segera jadi expert di dapur ya Mbaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Antara support dan takud istri ngamuk itu terkadang bedanya tipis, hahaha...

      Tapi ya saya beruntung punya suami yang nggak banyak menuntut supaya istri begini begitu. Awas aja ya kan klo sampai begitu. wkwkwk

      Hapus
  14. Hahaha ternyata Mbak Pit penggemar surayah juga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha...
      iya, jauh sebelum Dilan jadi Film. wkwkwkk

      Hapus
    2. Hahaha saya juga, kak. Sejak surayah masih aktif di band the panas dalam.. hiburan banget lagu2nya.. wkwkwk

      Hapus
  15. Saya setuju sih dengan suami mbak Pipit, pernikahan itu rumah tangga bukan rumah makan apalagi warteg.

    Sekarang warteg dan warung Padang ada dimana-mana, jadi istri tidak pintar masak tidak apa-apa, yang penting ada duitnya. :)

    BalasHapus
  16. Sejak kepala 6 saya malas memasak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti sebelum kepala 6, Bu Haji rajin masak 😁

      Hapus
  17. paling enak memang makanan rumah. Seenak enaknya makanan kuliner, tetap ingin makan olahan sang Punya dapur.

    BalasHapus
  18. Aghhhhh so sweet loh kata2 penyemangat dari pak suami :D.

    Tapi bener juga kata ibu mertua mba, semua orang pada dasarnya bisa masak, apalagi kalo terpaksa. Akupun yg dari dulu ga pernah nyentuh dapur, mau ga mau skr ini sesekali masuk dan belajar. Setelah dijalanin ternyata masak memang seru. Apalagi kalo hasilnya enak 🤣. Cuma aku masih tipe yg kalo gagal, ya sudah, ga mau coba lagi. Cari resep lain wkwkwkwkwk

    BalasHapus