Lagu Ini yang Sering Berputar, Kamu Pasti Pernah Dengar


Ngomongin soal lagu, kalau saya punya list yang panjang banget. Kayak tiap scene dalam hidup itu punya lagu atau soundtracknya masing-masing. Jadi pas lagi senang, sedih, terharu, marah, kesal, benci, laper, dan pas sayang-sayangnya lagu yang diputer bisa beda-beda. Jadi kalau mau iseng-iseng nebak apa yang saya rasakan, tinggal perhatikan saja lagu apa yang lagi sering saya putar 🤭.

Dulu zaman masih sekolah,  salah satu yang jadi patokan saya buat milih cowok adalah berdasarkan lagu apa yang dia didengarkan. 

Bayangkan, kalau kita lagi ngobrol bareng terus jadi berantem gara-gara salah satu dari kita nyetelin lagu yang 'nggak banget'. Makanya buat saya punya selera musik yang sama itu penting, nggak tahu kalau Mas Anang 😄

Kalau untuk lirik saya tidak melulu suka lirik yang membicarakan cinta dan patah hati. Tapi juga yang bercerita tentang masalah sosial, yang memberikan motivasi, dan tentu saja memiliki pesan moral yang baik.

Berikut lagu-lagu pilihan saya:


1. Nothing Else Matters - Metallica
Kalau dengar Metallica pasti ingatan kita langsung pada lagu-lagu cadas dan ingar bingar.

Tapi tidak dengan lagu yang satu ini, distorsi gitarnya terasa parau dan pilu buat saya. Mungkin karena liriknya yang puitis dan romantis.

so close no matter how far
couldn’t be much more from the heart
Forever trusting who we are
And nothing else matters

Begitu dekat tidak peduli seberapa jauh
Tak mungkin bisa jauh dari hati
Selamanya percayalah pada diri kita
Dan yang lain tidaklah penting

Itu lirik yang menjadi mantra penyemangat ketika saya masih menjadi pejuang LDR (Long Distance Relationship) sama Mas Pacar yang sekarang jadi suami 😍

Lirik yang puitis romantis itu sebenarnya kalau kita simpulkan secara semena-mena dalam bahasa Indonesia artinya Dunia milik kita, yang lain ngontrak. Hahaha... Namanya juga lagi bucin, budak cinta 🤣


2. Sampai Jadi Debu - Banda Neira
Ada yang pernah tahu dan menyukai lagu-lagu grup Band ini juga?

Betul, sekarang bandnya sudah bubar tapi lagu-lagunya tetap lekat dalam ingatan dan pendengaran. Sampai Jadi Debu salah satu lagu mereka yang paling saya sukai. Lagu ini mengajarkan saya kesetiaan yang teguh. Saya paling suka liriknya yang ini,

Selamanya
Sampai kita tua
Sampai jadi debu
Ku di liang yang satu
Ku di sebelahmu

Lirik yang juga saya damba, untuk setia mengasihi pasangan hingga menua.


3. Semua Lagu Didi Kempot

Sebagai yang acapkali menjadi tuna asmara,  lagu-lagu Lord Didi Kempot menjadi teman perjalanan hidup yang panjang. Perkenalan pertama saya dengan lagu Didi Kempot bermula dari Bapak yang selalu asyik membaca koran diiringi alunan lagu-lagu Didi kempot. Saya pun jadi ketagihan, meski tidak mengerti maknanya karena berbahasa Jawa tapi saya menikmatinya. 

Setiap pagi atau waktu tertentu menyetel lagu Didi kempot adalah keharusan bagi saya dan suami sebagai mantan sadboys dan sadgirls meski kini sudah purna asmara😄

Dari sekian banyak lagu  milik The Lord of Brokenheart saya paling suka yang judulnya Cidro, begini liriknya:

Gek opo salah awakku iki
Kowe nganti tego mblenjani janji
Opo mergo kahanan uripku iki
Mlerat bondo seje karo uripmu
Aku nelongso mergo kebacut tresno
Ora ngiro saikine cidro

Apa salah diriku ini

Sampai kau tega mengingkari janji

Apa karena kondisi hidupku ini

Melarat harta benda, berbeda dengan hidupmu

Aku merana terlanjur cinta

Tak kukira sekarang tersakiti karena cinta

Seperti umumnya lagu patah hati, liriknya pasti pilu. Tapi dari Lord Didi saya belajar patah hati tak perlu ditangisi, tapi harus dijogeti. Demikian wahai sobat ambyar 😄


4. Kill 'Em with Kindness - Selena Gomez

Lagu yang dipopulerkan di tahun 2017 ini menarik buat saya. Liriknya mendorong kita untuk bersikap positif, mengajak kita agar berkasih sayang dan fokus pada kebaikan. 

We don’t have to fall from grace
Kita tidak harus jatuh dari karunia

Put down the weapons you fight with
Letakan senjata yang kau pakai tuk melawan

Kill ’em with kindness
Bunuh mereka dengan kebaikan

 

 5. No More Dream - BTS

Gara-gara punya keponakan yang suka sekali sama hal-hal berbau Korea saja jadi join the hype ikutan suka Korea. Sebenarnya karena awalnya kakak-kakak saya meminta agar ikut mengawasi kegiatan anak-anak mereka yang sedang demam hallyu atau kena korean wave. 

Saat itu saya belum menikah, masih jadi jomlo kemana-mana. Jadi tugas ini semacam magang jadi parents, hahaha... Bahkan untuk hal-hal tertentu keponakan-keponakan saya lebih senang curhat dan mendengar apa yang saya sarankan.

Dulu keponakan saya suka sekali sama Super Junior (Suju) dan Girls Generation (SNSD), keduanya merupakan boyband dan girlband papan atas Korea Selatan. Beberapa kali saya mengawal keponakan saya menonton konser mereka. Seru sih jadi berasa seumuran sama keponakan 😅

Sekarang sudah beda lagi, keponakan saya memilih untuk menjadi army (sebutan untuk penggemar BTS). BTS merupakan salah satu boyband asal Korea Selatan yang hits di tanah air. 

Sampai kemudian akhirnya saya mendengar salah satu lagunya yang berjudul No More Dream, yang ternyata ketika saya mencari terjemahan lagu tersebut liriknya begitu menggugah,

“Apakah semua itu yang kau impikan? Bayangan siapa yang kau lihat di cermin? Harus kukatakan, lanjutkan jalanmu, meski hari ini hari terakhirmuLakukan sesuatu, singkirkan kelemahanmu”  

Lagunya mengajak untuk mengaca pada diri sendiri apa yang sebenarnya menjadi impian kita. Mereka menambahkan bahwa kita bisa bermimpi dan menentukan impian kita sendiri. Mulailah dengan bekerja keras dan jangan menjadikan hari ini sama dengan hari yang kemarin. 

Wow, sebuah lagu yang bersemangat. Keponakan saya cuma nyengir, ketika saya mulai mendadak jadi army. Dia selalu berkata semua akan kena demam hallyu pada waktunya 😁


6. Tanah Airku 

Di antara semua lagu nasional saya paling suka lagu ini. Lagu ini juga ampuh jadi lagu pengganti nina bobo bagi ketiga anak saya. Percaya atau tidak saya selalu menyanyikan lagu ini setiap menina bobokan anak-anak saya ketika mereka bayi. Semoga saja berfaedah sebagai afirmasi positif agar anak-anak saya selalu mencintai Tanah Air mereka. 

Saya paling suka bagian ini,

Tanah air ku tidak kulupakan

Kan terkenang selama hidupku

Biarpun saya pergi jauh

Tidak kan hilang dari kalbu

Tanah ku yang kucintai

Engkau ku hargai 

Selain itu saya suka lagu ini karena waktu SD pernah jadi juara menyanyi solo di FLS2N. Mohon maaf, pameeeer 😂. 

Sebenarnya seperti yang saya tulis di awal banyak sekali lagu yang saya suka dan menginspirasi saya. Tapi saya sudahi sampai di sini saja ya, lain kali saya bocorkan lagi 😅. 


Musik menyentuh kita secara emosional, saat di mana kata-kata saja tidak bisa melakukannya." - Johnny Depp




Posting Komentar

26 Komentar

  1. Wah Bu Pipit update lagu-lagunya. Sampai jadi kriteria milih pasangan. He he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Update terus biar ga kalah sama anak sekarang 🤭

      Gitu deh namanya juga masih anak sekolah, Bu 🤣


      Hapus
  2. Koleksi lagunya banyak. Kalau ikut lomba dengan nuansa hati yang mana pun bisa jadi juara. He ... he ...

    BalasHapus
  3. Dari semua lagu yang mbak Pipit suka paling aku kenalnya lagu Didi kempot biarpun tidak terlalu ngefans juga sih.

    Yang aku suka paling hanya beberapa lagunya saja seperti stasiun balapan.

    Ning stasiun balapan
    Kuto Solo sing dadi kenangan
    Kowe karo aku
    Naliko ngeterke lungamu

    Ning stasiun balapan
    Rasane koyo wong kelangan
    Kowe ninggal aku
    Ra kroso netes eluh ning pipiku

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, sama nih kayak Bapak saya sukanya sama Stasiun Balapan. Soalnya punya kenangan katanya di sana. Wkwkwk...

      Saya ngefans sejak dini 😄

      Hapus
  4. Waaw luar biasa Bunda Pipit .lagu-lagunya keren .. sll mmpu berikan motivasi... Hehe.. mantab juga bisa juara menyanyi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini akibat banyak bergaul sama yang lebih muda 😄

      Dulu juara klo sekarang klo nyanyi bagusan diemnya kok 🤣

      Hapus
  5. waduh mak Pipit....asli deretan lagunya, keren-keren....

    BalasHapus
  6. Cie ternyata ininih yang pinter nyanyi. Harusnya ke marin ikut lomba vokal solo!😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu mah dulu waktu SD, klo sekarang mah lebih bagus klo diem daripada nyanyi 🤣

      Hapus
  7. Yang saya tahu hanya lagu Tanah Airku... Hahahaha...
    Main saya kurang jauh nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal nongkrongnya bareng di kantin sekolah, wkwkwkk

      Hapus
  8. Omg ternyata Ustadzah suka semua genre lagu yaaaa!! Keren bangetttt hahaha emang paling hitz deh dari dulu Ustadzah Pipit tuh😍 luvvv

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupz, bener banget suka semua genre. Kemaruk 🤭

      Aduuh dibilang hits sama Nadia Farasya 🤣

      Hapus
  9. Penikmat musik sejati, bu Pipit.
    Memang fakta, seringkali ketika pacaran, serasa lagu itu punya berdua. Syukur menikah, kalau nggak tinggal kenangan. 😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha....

      Syukur menikah, kalau nggak tinggal kenangan. Pediiiih 🤣🤣🤣

      Hapus
  10. Didi Kempot Mbak Pipit Suka? All his song... weh weh Ambyar ambyar. Podo karo aku...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget... nget... nget...

      Aku karo bojoku podo senengane all his song Pak Dhe Didi Kempot 😄

      Maklum mantan sadboys dan sadgirls, ambyaaaarrr 🤣

      Hapus
  11. aku suka lagu didi kempot itu yang tanjung mas ninggal janji
    apalagi yang versi bossa nova
    denger di kondangan duh mantep betul
    sama yang pamer bojo si itu favorit banget meski liriknya ngenes haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. lagu Didi Kempot kalau versi bossa nova vibesnya jadi lebih mahal gitu yaa :D
      Hahaha... iya, bener pamer bojo itu denger sekali langsung terngiang-ngiang

      Hapus