Oja



Sudah seminggu ini setiap pagi setelah menandaskan kopi pahitnya, bapak selalu pergi ke belakang entah mau apa.   Mau mengikuti bapak dan mencoba mencari tahu ada apa tapi sungkan. Bapak selalu menjaga jarak dengan kami anak-anaknya. Beliau lebih asyik bercengkrama dengan si Geger Karang. Terkadang rasanya ingin bertukar nasib saja dengan si Geger Karang yang lebih banyak mendapat perhatian istimewa dari bapak. 

Pagi ini seperti biasa setelah menandaskan kopinya, bapak bergegas ke belakang. Kali ini rasa penasaranku mengalahkan rasa sungkan yang membelenggu selama ini. Kuikuti bapak diam-diam. 

Tampak bapak berjongkok seperti berbicara pada sesuatu, hal yang sebenarnya biasa. Semacam 'ritual' sebelum mengoja si Geger Karang supaya menghabisi lawan-lawannya. Tiba-tiba kepalaku terasa berat. Si Geger Karang tewas terlindas truk minggu lalu. 

-----------------------------
#suakamargakata

oja1meng·o·ja v 1 menggalakkan (ayam dan sebagainya) supaya menyerang lawannya; 2 ki memberanikan; menghasut


Posting Komentar

34 Komentar

  1. Mati yaaa si Geger Karang.
    Geger karang itu si Ayam yaaa?
    Atau apa yaaa... Hehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. matilah kan kelindes, hehehe

      Iya, nama Ayam biasanya buat ayam aduan

      Hapus
  2. baru tahu padanan kata oja itu mengadu...

    oh si Geger karang ini jago berarti ya...

    hmmm kasihan betul tiwas kelindes...tadinya aturan diopor sahajo 😌😱

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini baca komen si nita lgs ngakak :p. Lah udh disayang2 malah pengen di opor hahahaha.

      Hapus
    2. @Mbul: Iya, ayam jago, mbul
      hahaha.... mentang-mentang mau lebaran udah maen opor-opor saja, wkwkkw

      @Mba Fanny: pokoknya kalau urusan makanan udah ga ada lawan si Mbul mah, hahahaha...

      Hapus
    3. direndang juga enak, mbul.. hahahaha.. ini lho komennya jadi ke makanan..

      Hapus
    4. Saya suka banget sama rendang, Mba Naia. Ha ha ha

      Hapus
  3. wah... apakah belum sempat diadu?

    cerita pendek dan menarik ....dan bikin penasaran.

    Thank you for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum tahu juga, mas :))

      Terima kasih, mas

      Hapus
  4. bapak yang selalu dekat dengan peliharaan
    kalau engga ayam, perkutut, derkuku, dan lain sebagainya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokoknya bapack-bapack banget ya, Mas :))

      Hapus
  5. Oh bapaknya suka miara ayam buat di adu cerita nya ya mbak Pipit.😅

    Memang sih, kalo sudah hobi kadang suka lebih memperhatikan hobinya itu dari pada anaknya. Contohnya aku yang kadang suka main hape...😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha...
      Analnya kalah saing sama HP ya mas :))

      Hapus
  6. Bapak lebih perhatian ya sama Geger Karang berarti, ditengokin mulu tiap pagi.
    Itu berarti Geger karang lupa dikandangin juga, sampai akhirnya kelindes truk.
    Kasian bapak, setiap paginya jadi hampa :-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Edot jeli
      mungkin bisa jadi gitu, lupa si Bapak ga ngunci kandang sampai akhirnya lepas dan kelindes :(

      Hapus
  7. tau banget perasaan bapak, sha beberapa bulan lalu piara cupang. suatu malam tau2 ilang, gak lama ketemu udah mati tergeletak. sampe nangis pas tau mati, sering sha ajak ngobrol sama sha jemur pagi2.. masih keingetan sampe sekarang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang punya peliharaan ngerti banget sama perasaan bapak, hihihi

      Hapus
  8. Wah kasihan ya.. Geger Karang pasti kesayangan si bapak itu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha saya koq nulis bapak itu? Maap...

      Hapus
    2. emang harusnya bapak siapa bang Ancis?
      hihihi...

      Tenang, ini cuma fiksi kok
      bapak saya nggak suka pelihara binatang :D

      Hapus

  9. Rupanya si Geger karang mendapat tepat khusus di hati bapak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya orang kalau pelihara binatang udah kayak anggap anak sendiri ya mba

      Hapus
  10. kasian si geger karang..
    lalu sekarang kepada siapa bapak bercengkrama? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kepada rumput yang bergoyang, mba...
      halah, wkkwkw

      Hapus
  11. Geger Karangitu kucing kali ya? he he .... selamat malam ananda Pipit. Selamat berpuasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Geger karang biasanya dipakai untuk memberi nama ayam aduan, Bu haji :)
      Selamat sahur :D

      Hapus
  12. alahaiiii kasihannya dia..

    salam 8 Ramadan ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasihan kali lah dia tu
      Salam ramadan, selamat berpuasa Kak Anies

      Hapus
  13. Yah ya ampon, kelindes truk itu ayamnya :'

    BalasHapus
  14. Jadi bapaknya itu ngbrol sama ayam yg sudah mati itu atau gimana Mba? Wkwk

    Soalnya tetiba ada kalimat "seketika kepalaku berat, si geger karang terlindas truk minggu lalu."

    Ini cerpen kan ya? Bukan kisah nyata? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapaknya halu :))

      Iya ini fiksi
      Alm. Bapakku ndak suka pelihara ayam :)

      Hapus
  15. Nama ayam dan plot twsitnya mantap mbak.
    kerasa sedihnya, jadi kepikiran sama ayamnya dan bapak yang masih terbayang-bayang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Mba Nisa
      Masih belajar bikin flash fiction ini, aku sih ngerasa paragraf ketiga kecepetan endingnya 😄

      Hapus