Takut Kok Sama Hari Senin


Hari senin kerap menjadi hantu menakutkan bagi orang-orang yang tidak mampu melepaskan diri dari pengaruh weekend yang melenakan. Tidak mengherankan jika banyak yang menghindari hari Senin. Bahkan lebih berharap cepat-cepat kembali weekend ketika hari Senin tiba. 

Hal tersebut juga terjadi pada saya. Biasanya saya merasa senin begitu berat, salah satu penyebabnya karena diakhir pekan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bersenang-senang. Sehingga ketika memulai pekerjaan atau rutinitas di hari Senin terasa sangat berat karena terus dibayang-bayangi oleh kehidupan yang selow di weekend. Berbeda sekali rasanya jika sudah bertemu dengan hari jum’at, rasanya langit begitu cerah dan bunga-bunga bermekaran, pokoknya menyenangkan.

Konon, merasa takut, cemas, enggan, atau tegang saat hendak menghadapi hari Senin bisa menjadi salah satu tanda bahwa kita mengidap fobia hari Senin, atau lunaediesophobia atau ada juga yang menyebutnya sebagai Monday Blues Syndrome. Sindrom yang menggambarkan emosi negatif yang hadir di penghujung akhir pekan karena kita merasa tidak bahagia untuk memulai beraktivitas kembali di hari Senin.

Sebuah kewajaran jika hanya sesekali kita merasakannya. Namun jika hal tersebut selalu kita rasakan setiap minggu, sebaiknya kita telusuri sumber masalah dan cobalah untuk mengatasinya. Jika dirasa serius ada baiknya hubungi profesional untuk membantu kita.

Sependek pengetahuan dan informasi yang saya baca, bahkan serangan jantung meningkat 20 % pada hari Senin. Hal ini disebabkan karena Senin dianggap sebagai hari paling menyedihkan dan penuh kesibukan. Sehingga banyak orang lebih merasakan tekanan, kecemasan, dan semacamnya ketika mengawali hari senin. Perasaan tertekan dan sangat stress inilah yang kemudian meningkatkan risiko serangan jantung. 

I hate Monday”, menjadi jargon yang menggambarkan betapa banyak orang yang tidak menyukai hari senin. Banyak orang kehilangan semangat untuk beraktivitas dihari tersebut. Padahal Senin sebagai awal minggu, harusnya menjadi hari yang penting untuk menentukan hari-hari selanjutnya. Lagipula sebetulnya yang menjadi pemicu stress bukanlah hari seninnya tetapi apa yang terjadi pada hari senin.

Agar tidak terjebak pada “I hate Monday”, biasanya saya melakukan hal-hal berikut:

1. Melakukan afirmasi 
Dengan cara mengulang-ngulang kalimat-kalimat positif terkait hari senin pada berbagai kesempatan untuk mensugesti diri sendiri agar tidak memiliki pikiran negatif terhadap apa yang terjadi dengan hari senin. Biasanya saya melakukan afirmasi seperti berikut:
I love Monday
Saya dipenuhi energi dan kebahagiaan
Saya memiliki kemampuan besar untuk menaklukan tantangan
Setiap hal yang terjadi adalah untuk kebaikan saya

Dan tentu saja jangan lupa berdo’a dan bersyukur, untuk afirmasi spiritual kita. Bersyukur masih bisa bernafas di hari Senin, bersyukur untuk pekerjaan yang masih kita miliki, bersyukur untuk segala keruwetan yang sejatinya mendewasakan kita.

2. Mengubah cara pandang
Daripada menganggap hari Senin sebagai hari paling menyedihkan dan penuh tekanan, Sebaiknya mulai mengubahnya sebagai awal dari sebuah kesempatan baru untuuk mengejar peluang yang lebih besar. Cara pandang dan pikiran yang sehat menentukan kebahagiaan seseorang. Orang yang sehat dan bahagia akan menjadi individu yang positif, kreatif, dan optimistik. Otaknya menghasilkan enzim serotonin dan valium yang membuat dirinya damai dan gembira.

3. Mempersiapkan segalanya lebih awal
Saya biasanya merencanakan dan mempersiapkan apa yang akan saya lakukan pada hari Senin. Karena dengan benar-benar melakukan persiapan saya merasa lebih ringan bertemu dengan hari Senin.

4. Berolahraga
Menyisihkan waktu untuk berolahraga setiap hari, hal ini saya lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Selain itu juga menghindari tidur terlalu larut.

5. Mendengarkan musik favorit
Musik adalah hal yang menyenangkan bagi saya, oleh karena itu untuk memulai Senin yang berat saya biasanya selalu memutar musik favorit. 


6. Dress up dan Make up
Setiap Senin saya selalu memilih pakaian terbaik dan yang paling saya sukai yang saya miliki. Hal ini bisa menjadi mood booster buat saya sehingga merasa lebih nyaman dan lebih baik. Juga memoles wajah saya sedemikian rupa biasanya saya fokus pada penggunaan lipstik. Saya suka sekali gonta-ganti shade lipstick meski di masa pandemi ini harus memakai masker tetapi saya tetap memakainya karena bagi saya hal tersebut menyenangkan.  

7. Menjauhi Rasa Iri
Jangan merasa iri dengan orang yang sama sekali tidak memiliki alasan bangun pagi di hari Senin. Mereka yang bisa ‘berleha-leha’ di hari Senin belum tentu pikiran dan hatinya tenang. Bisa jadi merekapun sedang bergelut dengan tantangan tersendiri. Bersyukurlah atas segala kesempatan yang kita miliki untuk bekerja, belajar dan berkarya di hari Senin.

Seperti itulah biasanya yang selalu saya lakukan agar tidak terjebak jargon “I hate Monday”. Sekali lagi, bukan rahasia kalau Senin menjadi hari yang dianggap paling menyebalkan. Tapi mengeluh saja tidak akan mengubah keadaan, lebih baik kita nikmati saja. Kelak, ada saatnya kita akan merindukan hari Senin. Lagipula takut kok sama hari Senin? Takut itu, kalau kita sudah tidak memiliki kesempatan untuk takut bertemu dengan hari senin dan belum sempat berkarya apapun. 

catatan:
Tulisan ini pernah dimuat dalam Antologi I Love Monday 

Posting Komentar

60 Komentar

  1. Wah ... tips yang keren untuk "Love Monday".

    BalasHapus
  2. Ternyata baru tahu ada yang namanya Monday blues syndrome matursuwun informasinya keren

    BalasHapus
  3. Selalu luar biasa.

    Semangat berkarya, semangat menginspirasi

    BalasHapus
  4. Waduh ada yg serius ternyata dg I hate monday-nya.

    BalasHapus
  5. Senin itu semangat
    Senin itu sehat
    Senin itu senyum
    Senin itu sesuatu... 🤭🤭🤭

    BalasHapus
  6. saya malah suka sama hari Senin, karena sering gajian di hari Senin

    BalasHapus
  7. Senin dipindah hari Ahad bisa kali ya. Hehe

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. Pastinya, Ibu Wakasekur mah. Bila perlu setiap hari adalah Senin 👍😄

      Hapus
  9. Mengeluh tak akan mengubah suasana. Betul banget Bu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang ada malah memperkeruh suasana ya, Pak 🤭

      Hapus
  10. Bener kak, belum tentu orang yang berleha-leha di hari Senin seperti saya ini pikirannya zen dan tenang.. Boro-borooo wwkkwkwkwk

    BalasHapus
  11. Mengapa takut atau benci dengan hari Senin? Karena sebelumnya Minggu. Salam sehat selalu.

    BalasHapus
  12. Senin adalah hari yang saya tunggu-tunggu. Sebab saya bisa berakhir pekan, karena ada awal pekan.

    BalasHapus
  13. I like Monday. Karena mau blogwalking, jalan-jalan literasi he he.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bu Yati, sudah teragendakan ya kegiatannya 😁

      Hapus
  14. Hehe.. bagiku hari senin adalah semangat baru... Awali hari untuk kmbli lakukan rutinitas kerja... I like sunday l love monday

    BalasHapus
  15. Aku punya tips lain agar tidak benci hari Senin yaitu dengan tidak bekerja.

    Dulu waktu masih kerja di pabrik, tiap Senin memang perasaannya malas, tapi bukan benci.

    Tapi setelah keluar kerja karena ada covid maka tiap hari rasanya sama, mau hari Minggu atau Senin ngga ada bedanya.

    Jadi kalo pengin jangan i hate Monday ya jangan kerja, cuma ya jadi ngga punya duit.😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, jangan kerja adalah salah satu solusi tapi bukan yang terbaik 😂

      Karena lebih baik I Hate Monday daripada dompet kosong melompong. Ayo kerja... Kerja...

      Hapus
  16. Senin itu ngangenin.
    Percaya deh pasti ngangenin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi kalau jadwal gajiannya hari Senin pasti ngangenin banget, hahaha

      Hapus
  17. Wah, baru tahu ternyata ada yang namanya Monday Blues Syndrome. Nice post. Sangat informatif.

    BalasHapus
  18. Dulu pas lulus kuliah, langsung di suruh ortu cari pengalaman melamar kerja. Dgn semangat aku ngelamar n dpt kerja di perusahaan asing. Dari situ mulailah terasa I don't like monday, I hate monday...

    Rasa2nya Senin gak mau masuk kerjaa... karena hari Senin itu numpuk kerjaan di atas mejaku...

    Kerja dg org asing hanya sampai hari Kamis. Jumat, Sabtu libur. Makanya kerjaannya numpuk di Senin....

    Eh tapi skrg I like Monday❤

    Begitu ngurus usaha sendiri, aku wanti2 ke karyawan, awas iyaa, jgn sampai Senin kerjanya malas2an 😊

    BTW, kali ini postnya mayan panjang, biasanya singkat😇

    Thanku mba Pipit💕


    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama kita ikut kerja sama orang pasti lebih banyak "I hate monday"nya deh kan pressure banget namanya ya kerja sama orang ya, Mba

      Beda klo kita yang jadi owner, kita yang urus usaha kita sendiri karena pasti ada penyesuaian dengan apa yang kita mau. Jadinya lebih happy

      Tumbenan ya kan nulis panjang, hahaha...
      Ini dulu nulis buat antologi jadi ada S dan Knya tulisan harus panjang sekian-sekian gitu deh :)))

      Hapus
    2. Oh ini buat antologi makanya panjang ya tulisannya.😀

      Hapus
    3. Iya ini tulisan lama, Mas

      Udah terbit duluan 😄

      Hapus
  19. waktu sekolah dulu, penyakit i hate monday, sekarang ane jadi jatuh cinta dengan hari senin. karena senin adalah awal kita mencari rezeki untuk hari minggu. heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo saya zaman sekolah malah nggak mau ada hari minggu. Pengen sekolah terus. Wkwkw...

      Hapus
  20. cara saya, hari isnin pakai baju warna putih. Ada pakar psikologi mengatakan, warna putih boleh memberi semangat dan menyeimbangkan emosi😊malah beliau mencadangkan warna tertentu untuk setiap hari bagi golongan pekerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, boleh dicoba nih pakai baju warna putih 😁

      Hapus
  21. Kalau anakku sebel sama hari senin karena mata pelajaran sekolahnya berat semua.. Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...
      Abis upacara mapelnya langsung matematika, pengsaaan 🤣

      Hapus
  22. Baru tau kalau ada Monday Blues Syndrome

    BalasHapus
  23. Terimakasih mbak, sudah membuat tulisan ini. Saya juga merasa memiliki masalah dengan hari senin. Akan saya coba tips-tipsnya terutama yang mengenakan pakaian terbaik di hari senin. Salam sehat mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, Mas Supriyadi
      Salam sehat juga, semoga seninnya selalu menjadi hari yang menyenangkan ya

      Hapus
  24. Betul banget nih mba pipit, entah kenapa kalau hari senin lesu banget, padahal hari minggunya semangat banget, bahkan sangking semangatnya tiang plnpun bisa di cabut mungkin ya 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk...
      jadi manusia super ya anda klo hari minggu, hahahaha

      Hapus
  25. Senin itu candu... kalau tidak ada hari senin, tidak ada istilah liburan melepas penat setelah sibuk bekerja.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabtu malam happy-happy
      Minggu malam degdegan sendiri
      Senin stress mau bangun pagi, wkwkkw

      Hapus
  26. Setujuuuu mba. Ini semua hanya mindset. Kalo dari awal mikirnya Senin itu ga asyik, ga enak, hari sial, dan anggapan jelek lain, ya bakal kejebak di situ. Ketemu problem di kantor, yg sbnrnya bisa dengan mudah ditemukan solusinya, tapi Krn keburu mikir jelek, jadi susaaah dan ga kepikiran solusi.

    Ga bisa dipungkiri pas msh ngantor aku juga gitu. Tapi berusaha berubah supaya betah kerja. Tapi memang setelah resign aku ga pernah anggab jelek hari Senin lagi sih 😄. Buatku mah, semua hari dianggab baik aja hahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha...

      apa kita semua kudu resign juga ya, Mbak. Ben, ga stress. wkwkkwk...
      ntar penyebab stressnya bukan hari Senin tapi ga punya kerjaan, hahaha...
      Duh yah manusia, emang tempatnya keluh kesah :(

      Hapus