ODONTEKTOMI - Saya tidak takut, cuma degdegan



Akhirnya setelah beberapa kali gagal ditindak, hari ini si gigi bungsu akan mendapatkan balasan setimpal atas tindak tanduknya yang salah arah. Jujur pagi ini mood saya berantakan, pasalnya sih gara-gara Pak Suami tidak bisa mengantar, jujur saya jadi merasa cemas tanpa kehadirannya disisi saya. Hihihi...

Kebetulan hari ini suami kadung membuat janji dengan kliennya untuk pemotretan. Karena sebelumnya kami pikir jadwal odontektominya di hari senin kemarin sesuai yang diinfokan sebelumnya. Tetapi seperti yang telah saya ceritakan pada postingan ini, operasinya harus dicancel ke hari kamis karena dokternya tertimpa musibah. 

Apa? 
Iya, suami saya tukang foto. Kami berdua membuka jasa wedding photography sejak 2015 lalu. Awalnya sih karena kami berdua suka jalan-jalan dan foto-foto. Lama-lama sayang juga nih sama kamera mending ditambah lagi manfaatnya buat mencari tambahan cuan. hahaha...

Meski setiap bulan tentu saja kami mendapat upah dari pesantren tempat kami mengabdi. Tapi kami selalu ingat pesan almarhum Bapak, pesantren itu bukan tempat untuk mencari uang, tapi untuk mengabdi. Digaji harus disyukuri, tidak digaji tetap mengabdi. Bapak memerintahkan kami untuk berdaya dengan kemampuan diri bukan menggantungkan diri pada pesantren tempat kami mengabdi. Akhirnya kami memutuskan untuk menjadikan hobi dan kamera yang kami miliki lebih berdaya guna, hihihi... Penasaran mau tahu portofolionya bisa cek di akun instagram @lynx_orion. Siapa tahu perlu dan cocok. Cihuy!

Balik lagi ke agenda pergi ke rumah sakit hari ini. Bad mood saya bertambah-tambah, saat Ahmad sopir pesantren yang akan mengantar datang terlambat. Padahal sudah diwanti-wanti sejak kemarin, agar mengantar saya lebih pagi. Karena saya takut tidak kebagian kuota pasien bedah mulut hari ini. Tapi ya nasib, akhirnya jam 10.35 wib baru bisa berangkat. Perjalanan satu jam saya habiskan untuk bercakap-cakap dengan Vina, dulu murid saya waktu SMP dan sekarang mengabdi di Pesantren yang sama.

Begitu sampai di Rumah Sakit saya langsung menuju loket pendaftaran dan menjadi pasien ke 4 yang hari ini akan di operasi. Jarak dari tempat pendaftaran ke poli gigi lumayan jauh karena berbeda gedung. Poli gigi berada di bangunan baru rumah sakit sementara pendaftaran ada di bangunan lama. 

Tepat pukul 11.30 saya dipersilakan masuk ruangan. Melihat beragam peralatan dokter bedah yang ditaruh di atas meja dental chair seperti dental pinset, bein dental tool, sonde CVD, scaller, probe, root canal explorer, excavator, water syringe, handpiece bor gigi, saliva ejector dental, alat injeksi, dan tentu saja tang pencabut gigi membuat saya meringis, bukan karena takut tapi degdegan. Alesan. Dokter dan dua asistennya yang melihat saya meringis malah ikut tertawa. "Di lemesin aja ya shay", Asiyap, dok!.

Dokter kemudian mempersilakan duduk di dental chair, kursi pasien yang bentuknya cukup futuristik buat saya. Menyuruh saya berkumur-kumur, dari baunya sih sepertinya saya berkumur memakai  povidone iodine. Selesai berkumur ketegangan yang sebenarnya dimulai. Dokter menyuntikan anastesi ke beberapa sisi gusi saya. Kemudian mulailah bor dihidupkan, berderik suaranya ketika beradu dengan gigi saya. Beberapa kali saya dengar dokter sedikit mengeluh karena si gigi bungsu ini sulit sekali untuk dikeluarkan. Sudah dicongkel sana congkel sini, dibor lagi, disayat, begitu terus berulang dan saya hanya bisa pasrah seraya memohon kepada Allah agar operasi ini dimudahkan. Sampai akhirnya dokter berhasil menarik keluar si gigi bungsu yang salah arah tersebut ditimpali jerit tertahan saya. 

"Sakit banget, dok", 
saya tak kuasa menahan sakit dan air mata yang jatuh sendiri tak bisa dibendung. 

"Pasti sakit banget, soalnya letaknya gigi bungsunya dekat sekali sama syaraf. Maaf ya, kamu yang kuat, yang sabar", dengan baik hati dokter membesarkan hati saya.

Saya merasa cengeng  sekali, tapi sungguh rasanya memang sesakit itu. Padahal dari membaca dan mendengar pengalaman teman-teman yang pernah operasi gigi bungsu katanya sih biasa saja. Mungkin bisa jadi karena ambang batas saya terhadap rasa sakit lebih rendah dibanding mereka. Sebelum pulang dokter memberikan gigi geraham molar 3 (si bungsu) dan geraham 2 untuk kenang-kenangan. Apa deh ya dokter ini. hihihi... 

Terkejut saat melihat dua bongkahan gigi berbeda ukuran ini, si gigi bungsu yang terpendam di dalam gusi ukurannya besar sekali dibanding gigi molar/ geraham 2. Pantas saja tadi dokter sedikit mengeluh karena kesulitan saat hendak mengeluarkan si gigi bungsu yang terpendam. 


cuma sempat mengabadikan kedua gigi ini, nggak kepikiran moto-moto yang lain, keburu lemes



Sebelum pulang dokter mewanti-wanti agar saya tidak banyak berbicara, tidak banyak meludah dan harus makan-makanan lunak dan dingin. Tentu saja aku akan manut padamu, dok. Saat ini rasanya hanya ingin segera bertemu kasur dan rebahan. Bahkan sampai tidak ingat untuk mendokumentasikan proses operasi hari ini dan wefie bersama dokter dan asistennya. Penting banget ya bun, hihihi...


hanya sempat iseng-iseng mengambil foto ini saja






Demikian kisah si gigi bungsu berakhir di sini, semoga takdir tidak membawa saya ke pintu Sp. BM lagi. Jangan lupa jaga kesehatn gigi ya teman-teman. Karena lebih baik sakit gigi daripada sakit hati itu cuma di lagu saja. Aslinya, sakiiiiiiiiiiiit sekali.




 






Posting Komentar

16 Komentar

  1. sakit gigi bisa menghilangkan sakit hati ya mba, asik,...he-he, ngomong-ngomong orang dulu cabut gigi pakai tali katanya, itu rasanya gimana ya, heem, serem

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi tergantung orangnya juga sih, tapi seingat saya waktu sakit hati dulu efeknya B aja, masih bisa makan enak dan tidur nyenyak. Kalau sakit gigi, mana bisa. Ha ha ha...

      Yampun dicabut tank aja serem, apalagi ditarik tali. 🙀

      Hapus
  2. Aku ikut ngerasa ngilu lihat foto gigi bungsunya kak Pipit, masalahnya gigi kananku saat ini terasa rada sakit.
    Mau periksa ke dokter belum berani.

    Semoga sekarang sudah ngga kerasakit pasca tindakan, kak.
    Get well soon.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, sekarang sudah reda sih sakitnya. Tinggal bengkak, mukaku jadi nggak simetris, serada penyok. ha ha ha

      Tapi aku kayak masih ngerasin sakitnya pas diangkat giginya dari dalam gusi kemarin, duuuh... kebayang-bayang terus. Padahal udah dianastesi, kalau kata dokternya karena deket ke syaraf gitu.

      Lebih baik segera cek ke dokter, Mas Hima.
      Biar lebih cepat ketahuan penyebabnya. Ini kesalahan aku juga males ke dokter awalnya. Malah langsung dapet combo diganjar sakit dan bedah sekaligus. Ampuun, nggak lagi-lagi

      Hapus
    2. Makin serem aja dapat nasehat dari kak Pipit untuk segera periksa ke dokter gigi 😑.
      Ini sih kak ditambah masalah gegara cororo ini dokter gigi di kotaku tinggal pada ngga mau ambil tindakan cabut gigi.

      Syukurlah kesehatan kak Pipit mulai membaik, meski sabar ya nunggu berkurang bengkaknya.

      Hapus
    3. Haish, iya bener gegara si coro ini juga aku baru bisa Februari ini ketemu dr. gigi dan langsung diirujuk ke SP. BM

      Kerasa sakitnya sih dari Agustus tahun lalu, harus bertahan melawan nyeri karena aku usahain ga terlalu sering minum pereda nyeri juga karena takut ada efek ga baiknya.

      iya, nih...
      cuma kasian anak-anak, emaknya banyakan diem daripada ngomong. Mereka lagi seneng-senengnya cerita kan. emaknya cuma ham hem ham hem aja, masih ngeri buka mulut. Cemen banget. wkwkkw

      Hapus
  3. Kalo sakit gigi memang rasanya ngilu sekali, biarpun ada lagu lebih baik sakit gigi dari pada sakit hati, tapi tetap lebih maknyus sakit gigi.

    Alhamdulillah setelah sedikit drama akhirnya gigi bungsu berhasil dicabut ya mbak, semoga sudah sehat sekarang.😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, Mas agus.
      walau bagaimanapun sehat memang lebih baik. hihihi

      Drama banget ini si gigi bungsu, ampuun. Tinggal sekali lagi nih, ambil benang bekas jahitan minggu depan. Semoga nggak ada drama.

      Terimakasih, Mas Agus do'anya :)

      Hapus
  4. kok ngeri banget, kak.. aku juga ada masalah sama si bungsu nih.. sakitnya udah 3 kali puasa 3 kali lebaran gak kunjung hilang.. 😓

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun dari denger kata bedahnya aja udah jiper duluan, Nai...

      yampun, tahan bener Naia. Aku mulai kerasa sakit bulan Agustus tahun kemaren aja udah semapu rasanya.

      Tapi ada baiknya segera diperiksakan ke dokter ya, sebelum terlambat.
      Aku juga nyesel waktu itu nunda-nunda terus, jadinya malah begini.

      Hapus
  5. whoaaaa baru tauk mba pipit n suamik punya usaha wedding fotografi hihi..kerennnn

    btw aku ikutan cengar cengir pas pak doknya kasih kenang kenangan si gigi...jadi inget cerita peri gigi waktu kecil..klo abis cabut gigi, giginya disimoan di bawah bantal biar keesokannya gigi tsb disulap peri gigi jadi uang...#hayalan mbul jaman kecik uda kemakan tema tema film barat genre fantasi hihi

    tapi emberan atit banget..aku aja yang cuma rompal tambelan dan kena syaraf langsung keluar air mata..apalagi yang kena tindakan bedah ya hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbul
      Semua karena dipaksa keadaan, kita butuh cuan. wkwkwk

      Itu dikasih giginya pas aku lagi berlinang air mata saking sakitnya, ha ha ha... Egila ya udah di anastesi aja masih berasa sakit banget. Tapi jadi nyengir dikit gegara dokternya ngasih oleh-oleh.

      Aku belum pernah baca atau denger versi yang berubah jadi uang, aku taunya klo abis cabut gigi taroh bantal takut diambil sama peri gigi jahat nanti kita diculik dibawa ke alamnya dijadiin budak, lupa tapi judulnya apa. hihihi...

      Makanya salut sama yang abis dibedah terus bisa santuy, hihihi... tapi mungkin banyak faktor juga yang mempengaruhi ya, kayak ambang batas rasa sakit, posisi gigi, dll

      Hapus
  6. Aaakkk, bayanginnya aja udah ngilu banget, gimana Kakak yang ngalamin 😭. Syukurlah akhirnya bisa dicabut giginya 😭🙏🏻 perjuangan banget ya Kak 😂
    Lalu gimana kondisi Kak Pipit sekarang? Udah enakkan belum? Semoga lekas pulih, Kak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepatnya banyak dramanya, dari Agustus kelar Februari. Wkwkwk...

      Perjuangan banget nget nget, hihihi

      Alhamdulillah, nyerinya mulai reda. Tapi masih ngeri klo buka mulut apalagi ngunyah. Aku makan bubur aja miring takut kena ke luka bedahnya. hihihi...

      Yang kasian sih anak-anak nggak denger mamaknya cerewet lagi. Kasian apa kasian sih. Wkwkwk

      Hapus
  7. aku tengok giginya aja udah lemes T.T

    sampe speechless mau komen T.T
    aku mau pulang aja, takut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awas ketemu gigi di jalan ya Mas

      klo ketemu suruh konser aja langsung. wkwkkw

      Hapus