PILU DAN NGILU


Sudah dua kali senin saya berurusan dengan rumah sakit. Bukan hal yang menyenangkan tentu saja, apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Tapi apa boleh buat, mau tidak mau saya harus segera menyelesaikan perkara gigi yang mulai macam-macam ini.

Sependek ingatan saya, rasanya tidak pernah mengalami sakit gigi sewaktu kecil dulu. Lalu di bulan kemerdekaan tahun 2020 lalu,  kemerdekaan gigi saya di rebut semena-mena. Saya sakit gigi untuk pertama kalinya. 

Tidak tepat jika ada yang mengatakan lebih baik sakit gigi daripada sakit hati, karena nyatanya bagi saya sakit gigi itu menyiksa sekali. Seingat saya ketika sakit hati dulu, saya cuma kehilangan semangat, tapi urusan makan masih bisa lahap dan banyak. Dan terpenting masih bisa tidur nyenyak. 

Tapi ini sakit gigi, mau makan sakit, mau minum was-was, kepala dan telinga tidak kalah senat senut, lalu tidur, apa itu tidur? Mana bisa.

Nasib tinggal di kampung yang ada cuma Pusat Kesehatan Masyarakat dimana dokter giginya kadang-kadang. Kadang ada di PKM, banyaknya sih tidak ada. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini kunjungan ke dokter gigi dibatasi terkadang malah ditutup. Akhirnya saya harus bersabar menelan pil-pil pereda rasa sakit yang diresepkan mantri gigi di PKM.

Meski tidak setiap hari sakit, tapi gigi saya tidak benar-benar sembuh seperti semula. Sampai puncaknya di bulan Desember saya tidak bisa tidur semalaman saking tersiksanya. Tapi karena di rumah sakit-rumah sakit kota kami masih belum membuka pelayanan poli gigi, akhirnya saya harus terus bersabar untuk sementara mengkonsumsi pereda sakit jika gigi saya kambuh kembali.

Akhirnya senin pertama di februari saya mendapat kabar poli gigi sudah dibuka untuk pelayanan dan langsung menuju rumah sakit sebagai pasien no 01. Sungguh terkejut mendengar vonis dokter yang menyatakan gigi saya harus dibedah. Saya dirujuk ke spesialis bedah mulut, impaksi kata dokter. 

Apa itu impaksi? Dari hasil penelusuran ke berbagai laman impaksi adalah suatu keadaan dimana gigi mengalami hambatan dalam arah erupsi/tumbuh dan tidak dapat mencapai posisi yang seharusnya. 

Kalau orang awam macam saya biasa menyebutnya gigi bungsu. Gigi bungsu atau gigi molar ketiga saya ini tumbuhnya bermasalah dokter menyebutnya rebahan seraya tertawa mengingat istilah rebahan ini banyak muncul selama pandemi. Akibatnya makanan sering terselip sehingga timbul karies pada gigi saya tersebab sulit terjangkau ketika dibersihkan.

Oleh karena itu perlu ditindak karena secara fungsi pun gigi bungsu saya ini tidak berperan dalam proses pengunyahan. Jadi daripada dipertahankan seperti cinta kita, lebih baik lupakan dan buang saja. Khawatir jika dibiarkan akan muncul keluhan lainnya dan itu sangat beresiko komplikasi. 

Dan hari ini saya harus kembali menemui dokter bedah mulut, karena kemarin qadarullah dokter bedah yang akan menangani mengalami kecelakaan dalam perjalanan ke rumah sakit. Akhirnya jadwal operasi di cancel ke hari ini. 

Mohon do'anya teman-teman yang budiman dan baik hati, agar perkara gigi bungsu saya segera selesai dengan baik. Operasinya lancar dan selamat. Saya bisa beraktivitas kembali tanpa disiksa gigi yang nyut-nyutan. Aamiin... 





Posting Komentar

25 Komentar

  1. Sakit apa pun itu, tidak nyaman. Semoga sehat kembali. Mudah-mudahan tidak seperti saya, sakit gigi meninggikan emosi. Ha ha ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aja sih Pak D, yang berbeda mungkin kadarnya saja. Tapi sakit gigi emang bikin emosi jiwa. Ha ha ha...

      Hapus
  2. Semoga lebih sabar dan cepat diberikan kesembuhan ya bu. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, makasih ya Pak Imam
      Semoga Bapak dan keluarga juga sehat selalu

      Hapus
  3. Semoga lancar operasi gigi bungsunya.
    Kompakan gigi kita, walau beda masalah. Ini saya juga sdah ngantri di tempat praktik Pak Gigi, lanjutan yg kemarin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Nini.
      Kemarin baca postingan di blog Nini jadi kepikiran buat nulis juga.

      Semoga urusan gigi kita hari ini sukses dan lancar ya Nini. Sehat sehat terus 😘

      Hapus
  4. harus dibuang dan dilupakan impaksi sang gigi bungsu? oh no! auto ngilu dan cenad cenud mbul kak mendengar proses pembedahan...

    soalnya aku sering ngalami geraham paling njero agak suka bikin ga enakeun pas acara mengunyah huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya hampir semua orang dewasa ngalami gigi bungsu, cuma kalau nggak ada masalah lain macam karies, bengkak, dll. Ga perlu sampai operasi, gitu sih kata dokternya.

      Coba untuk gigimu cek aja ke dokter untuk memastikan. Ya, biar lebih cepat ditangani.

      Bener, mbul
      Aku degdegan lho ini, pengalaman pertama ya kan. Do'ain ya

      Hapus
  5. Sabar dan terus istighfar..
    Semoga segala penyakit yang datang bisa dijadikan pengalaman yang bisa diceritakan di masa akan datang

    Sehat selalu Bu, Semoga hasil pemeriksaan hari ini bisa menyembuhkan. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah, Pak Indra

      Aamiin, terimakasih banyak do'anya ya. Semoga bapak dan keluarga juga sehat sehat selalu

      Hapus
  6. Semoga hari ini, pas komentarku datang, penanganan gigi bungsu kak Pipit sudah berhasil dilaksanakan dengan baik.

    Semoga cepat sembuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Do'anya ya

      Tapi sepertinya hari ini masih belum, soalnya kata dokter masih ada radang, jadi ditunda ke hari Kamis.

      Sehat-sehat ya Kak disana

      Hapus
  7. Lebih baik sakit gigi daripada sakit hati memang itu salah besar tapi kalau lebih baik sakit gigi daripada sakit kepala mungkin ada benarnya soal kalau sakit gigi bisa dicabut kalau sakit kepala ngga ada yang berani mencabutnya..hihihi.

    Semoga sekarang giginya sudah tak sakit lagi, aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. ha ha ha ha ha...
      Kalau ngomong suka bener

      Aamiin, makasih do'anya ya

      Kak El dan keluarga sehat-sehat juga ya disana

      Hapus
  8. Semoga cepat sembuh mba Pipit, dan bisa beraktivitas normal seperti sedia kala. Paling nggak enak sakit gigi memang, huhu membayangkannya saja sudah auto pusing, mba 😞

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin, makasih ya

      Bener banget, malesin sakit gigi tuh. hiikss

      Hapus
  9. Semoga gigi bungsunya cepat dewasa ya mbak.. Saya juga ngeri ngeri sedap ni sama gigi bungsu.. Kayaknya belum tumbuh juga hik..

    Cepat sehat ya giginya (kalo bisa tanpa dibedah) mbak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi hi hi...
      Bener ini, kalau nggak berlubang dan karies sih kata dokternya ga usah dibedah.

      tapi karena gigiku bermasalahnya bukan karena gigi bungsunya aja mau nggak mau harus di bedah, sad. tapi harus kuat

      Makasih ya Andie do'anya
      Kamu juga sehat-sehat ya

      Hapus
  10. InysaAllah gapapa mbak, Saya sudah dioperasi belasan tahun lalu dengan bius total karena yang impaksi sekaligus keempatnya. Siapkan makanan cair yang mengenyangkan seperti energen atau minuman seperti susu mbak, jaga2 kalau belum mood makan beberapa hari setelahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Allah, terimakasih infonya Mbak Nissa
      Jujur denger kata bedah udah parno duluan.

      terimakasih infonya ya, Sehat-sehat selalu mbak dan keluarga

      Hapus
  11. Kak Pipit, semoga pembedahannya hari Kamis nanti berjalan lancar dan penyembuhannya bisa cepat 😊🙏🏻. Perkara gigi bungsu ini, aku juga mengalaminya Kak 😂 gigi bungsuku agak nyungsang posisinya, tapi nggak dicabut-cabut padahal udah disarankan untuk dicabut, tapi aku takut wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lia, aslinya akupun takut.
      Denger kata bedah atau operasi aja udah gentar, lemah banget. Wkwkww

      Tapi daripada sakit terus kan, akhirnya aku manut aja sama dokter. Ayo li, dibedah juga, wkwkk

      Aamiin, makasih ya Lia do'anya

      Hapus
  12. Emang nggak tepat itu banding-bandingin antara sakit gigi dan sakit hati enakan mana. Orang keduanya sama-sama kaga enak ya kaan....

    AMIN semoga gigi mbak sehat lagi seperti sedia kali pasca diangkatnya si gugu bungsu. Rajin kumur ya mbak supaya sisa-sisa makanan tidak bersarang di gusi yang lubang ditinggalkan gigi bungsu. Syukur udah nggak dirongrong sama karies gigi yang impaksi, tinggal pulihkan kondisi aja mbak.

    BalasHapus