Poster Hari Guru Nasional - dok. Kemdikbud


“Ustadzah...,”

Panggilan Alifah siswa kelas tiga SMP mengalihkan saya dari rumput-rumput yang sedang saya siangi bersama Bangun dan Afdal siswa yang sedang bertugas piket hari ini.


Bangun dan Afdal, dua siswa yang tengah piket kebersihan

Jangan kaget, di sini siswa menyapa guru-gurunya dengan panggilan Ustadz atau Ustadzah karena tempat saya mengajar merupakan Pesantren Modern atau Boarding School orang bilang. Sejak kali pertama mengajar saya meminta mereka untuk memanggil Ibu tapi tidak digubris, mungkin kagok karena ini lingkungan pesantren. Padahal saya sendiri sama kagoknya dengan panggilan itu. Menjadi guru saja luar biasa berat tanggung jawabnya, ditambah pula dengan panggilan ustadzah. Alamakjang.

Balik lagi ke Alifah ternyata anak itu meminta saya untuk masuk ke kelas tiga. Biasanya kalau sudah begitu mereka mau curat. Curhat apa saja, bisa tentang kiriman uang yang terlambat, kangen rumah, kesal sama teman, malu karena ada jerawat baru tumbuh, suka sama seseorang, skin care apa yang baik untuk usia mereka, berita apa diluar yang lagi hits, sampai ditodong pertanyaan video tiktok apa yang lagi viral, hahaha...

Begitulah, di pesantren informasi-informasi seperti itu hanya bisa mereka dapatkan dari gurunya karena mereka tidak pegang HP. Begitupun menonton tv hanya boleh pada kamis malam itupun tayangannya sudah dipilihkan oleh bagian pengasuhan pesantren (semacam Guru BK kalau di sekolah) dan hanya boleh menonton selama dua jam.

Tapi ternyata dugaan saya salah. Sebelum sampai ke kelas, saya dikejutkan oleh anak-anak yang tanpa dikomando mengucapkan selamat hari guru. Dan Amalia saudara kembar Alifah memberikan saya bouquet snack. Saya tidak bisa berkata apa-apa, ujung mata saya basah. Anak-anak putri memeluk saya bergantian. Jujur tiap kali mendapatkan hal seperti ini atau hal-hal emosional lainnya saya malah sering bertanya-tanya dalam hati, sudah benarkah saya mendidik mereka?


salah satu buket kreasi anak-anak

Seperti biasa anak-anak meminta saya untuk mengambil foto bersama dan meminta saya untuk nanti mengirim foto-fotonya ke wag wali murid. Seperti inilah cara siswa di pesantren kami dan orang tuanya mengobati rasa kangen mereka. Semenjak pandemi kunjungan untuk bertemu memang dibatasi. Dulu sebelum pandemi, setiap jum'at orang tua boleh berkunjung. Sekarang dibatasi baik waktu maupun jumlah yang berkunjung itupun dengan prokes yang ketat.



foto bersama (sebagian) anak-anak

Untuk merayakan hari spesial bagi para guru, anak-anak dibawah komando Insany (nama organisasi siswa di pesantren ini) biasanya selepas shalat isya akan mengadakan pentas seni, bernyanyi, berpuisi, berpantun, bercerita, juga drama. Pertunjukan yang dikemas khusus dan diperuntukan bagi guru-guru.

Kalau ingat dulu, guru bukanlah cita-cita impian saya. Sejak kenal mata pelajaran IPA saya lebih sering memimpikan bercengkrama dengan peralatan di laboratorium. Tapi almarhum bapak selalu berkata, “cara belajar terbaik adalah mengajar, dengan mengajar mau tidak mau kita akan terus belajar dengan begitu tentu saja akan ada perubahan dalam karakteristik, pengalaman dan tingkah laku kita dan semoga saja hal itu adalah kebaikan yang bisa menular kepada orang-orang di sekitar”. 

Menjadi guru di boarding school tentulah memiliki tantangan tersendiri. Bagi saya pribadi saat ini tantangan terbesarnya adalah merancang program pendidikan yang komprehensif-holistik dari program keagamaan, akademik, life skill, sampai membangun wawasan global. Dunia yang semakin kompleks membuat saya harus terus berupaya mengupdate program ini agar selaras.

Karena boarding school memadukan sekolah dan pesantren yang tidak hanya mendidik para siswa untuk memiliki ketangguhan jiwa (taqwimu al nufus), untuk berani hidup di jalan yang lurus, berbudi pekerti mulia, tetapi juga harus mampu membekali mereka dengan berbagai disiplin ilmu dan keterampilan lainnya.

Berharap agar kelak ketika mereka lulus mampu beradaptasi, responsive terhadap perubahan dan tentu saja dapat berkontribusi bagi lingkungannya. Saya beryukur dari hasil penelusuran jejak alumni, saat ini banyak siswa kami yang berkontribusi dimasyarakat maupun di kampus tempat mereka menimba ilmu selanjutnya. 

Tetapi sesungguhnya dari dulu hingga saat ini tantangan terberat ada dalam dua hal, pertama tantangan internal yaitu terkait dengan program-program Pendidikan dan kegiatan pembelajaran santri agar selalu selaras dengan perkembangan zaman. Yang kedua tantangan eksternal yaitu yang berhubungan dengan kiprah santri/ siswa dilingkungan masyarakat terkait modernitas, pergeseran nilai dan moral, ledakan teknologi, isu-isu pluralisme dan toleransi yang acapkali menjadi polemik di negara kita. Jadi sudah semestinya tidak hanya kompetensi akademis yang dipersiapkan untuk mereka, skill-skill lain pun harus mereka kuasai. Karena tujuan akhirnya bukan sekedar nilai-nilai yang tertera diraport, atau jumlah piala atau medali yang diraih tapi seberapa besar kelak mereka dapat berkontribusi bagi kemanusiaan. Lagipula, bukankah agama tanpa ilmu pengetahuan sesat? Dan Ilmu pengetahuan tanpa agama gelap gulita?


Tugas dari Om Momo, tulisan tanganku, mau bikin doodle keburu pegel 

Tentu saja bukan hal yang mudah untuk mewujudkan tujuan akhir tersebut, namun bukan berarti juga tidak mungkin untuk dapat mewujudkannya. Seperti kata pepatah Afrika “it takes a village to raise a child”, dibutuhkan banyak sekali pihak untuk membesarkan seorang anak, bukan hanya berpusat pada keluarga dan disandarkan pada guru tetapi lingkungan harus bersinergi bersama untuk mewujudkannya. Dan itu semua membutuhkan keteguhan niat, keseriusan, semangat dan tentu saja dana. 

Saat ini bahkan mencari ilmu semudah menjentikan jari-jari. Untuk itu dibutuhkan guru dan pendidik yang mengajar dan mendidik dengan hati, karena internet tidak bisa melakukannya. Seperti tagline Hari Guru Nasional 2021 ini,  bergerak dengan hati, pulihkan pendidikan. Semoga kita menjadi bagian di dalamnya.

Pada akhirnya hanya kepada Allahlah kita memohon petunjuk dan pertolongannya untuk mewujudkan itu semua. Lā haula wa lā quwwata illā billāhil 'aliyyil azhīm…